Mengenal Jenis Jenis Aksesoris Pipa PVC yang Digunakan PDAM

Ilustrasi Aksesoris Pipa PVC



Mengalir Jauh -  Pipa Pvc (PolyVinyl Chloride) merupakan pipa yang terbuat dari Vinyl yaitu semacam plastik.

PVC sendiri adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer, umumnya ftalat. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan pakaian, perpipaan, atap, dan insulasi kabel listrik. (wikipedia)

Pipa berbahan PVC ini banyak digunakan dalam industri air minum di Indonesia, dari penggunaan pipa distribusi PDAM hingga pipa yang digunakan oleh pelanggan.

Kali ini, akan kami bahas mengenai jenis jenis aksesoris yang ada dalam perpipaan, berikut ulasannya :

1. Shock Pipa PVC

Aksesoris yang pertama ini dipergunakan untuk menyambung dua bagian yang lurus dari pipa PVC atau aksesoris pipa PVC lainnya. Jenis aksesoris ini masih terbagi menjadi beberapa jenis lainnya. Seperti shock pipa PVC Polos, drat luar, drat dalam, drat luar polos, drat dalam polos dan drat luar dalam. Drat (ulir) yang membedakan jenis aksesoris dari pipa tersebut.


Shock Pipa PVC adalah aksesoris yang berfungsi untuk menyambung dua bagian lurus dari Pipa PVC ataupun kebagian aksesoris pipa lainnya. Terdapat beberapa jenis shock pipa PVC, antara lain :

Shock Pipa PVC Polos


Shock Pipa PVC Polos digunakan untuk menyambung dua batang pipa PVC yang ujungnya tidak ada ulir atau drat. Shock Pipa PVC Polos kedua ujungnya tidak memiliki ulir.

Shock Pipa PVC Polos


Shock Pipa PVC Drat Luar


Shock pipa drat luar pada kedua ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian luar. Shock Pipa PVC Jenis ini biasanya dikombinasikan dengan Shock Pipa PVC Drat Dalam untuk penyambungan pipa yang melewati suatu bidang.

Shock pipa drat luar



Shock Pipa PVC Drat Dalam


Shock pipa drat dalam pada kedua ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian dalam. penggunaannya kebanyakan dikombinasikan dengan Shock pipa drat luar ataupun konektor penyambung selang.

Shock pipa drat dalam

2. Elbow / knee / L


Elbow atau Knee  berfungsi untuk menyambung pipa PVC ke sudut yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Sama seperti namanya, aksesoris tersebut memiliki bentuk huruf L tepat 90 derajatyang dipergunakan di tempat yang membutuhkan belokan. Drat juga menjadi pembeda jenis aksesoris, seperti elbow polos, polos drat dalam, drat luar atau 45 derajat. berikut jenis jenis elbow yang banyak dijumpai di pasaran :

Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos


Disebut Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos dikarenakan kedua ujungnya tanpa drat / ulir.

Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos


Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos-Drat Dalam

Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos-Drat Dalam pada salah satu ujung memiliki ulir / derat di bagian dalam dan ujung lainya tanpa derat / polos

Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos-Drat Dalam


3. Tee atau T


Tee merupakan aksesoris yang digunakan untuk membuat cabang saluran pipa PVC. Tidak berbeda jauh dengan aksesoris lainnya, tipe pipa bentuk T juga mempunyai beragam jenis. Seperti T polos atau T drat dalam.

Ilustrasi Tee Pipa PVC


4. Adapter / reducer / transision


Jenis aksesoris pipa yang satu ini digunakan untuk menggabungkan dua pipa PVC yang memiliki ukuran yang berbeda.

Ilustrasi Reducer Pipa PVC


5. Dop

Dop digunakan untuk menutup ujung pipa PVC agar pipa tidak berjalan kesembarang tempat, diperlukan dop pipa untuk menutup saluran pada ujung pipa. Dop sendiri terdiri dari berbagai jenis, secara garis besar, dop dibedakan menjadi polos dan berulir, serta tertutup maupun berlubang.

Ilustrasi Dop Pipa PVC


Penjelasan diatas adalah aksesoris pipa PVC yang sering digunakan oleh rumah tangga untuk, Aksesoris PVC Pipa berukuran besar akan kami ulas di lain kesempatan. (min)






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel